Artha Graha Peduli Bagikan Hewan Qurban ke Seluruh Indonesia


Idul Adha
Artha Graha Peduli Bagikan Hewan Qurban ke Seluruh Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Keluarga besar Artha Graha Peduli (AGP) membagikan ratusan hewan kurban secara serentak ke 317 titik di puluhan kabupaten/kota seluruh Indonesia untuk didistribusikan kepada kaum dhuafa dan warga miskin di berbagai wilayah di Tanah Air.

Pendistribusian hewan kurban berupa sapi, kerbau dan kambing dari karyawan dan umat muslim yang mempercayakan penyalurannya melalui Artha Graha Peduli itu dilakukan dalam sebuah acara pelepasan di kawasan SCBD Jakarta, Rabu, 23 September 2015.

Selain pimpinan Artha Graha Peduli dan karyawan grup Artha Graha, acara pelepasan hewan qurban dihadiri wakil-wakil penerimanya.

“Setiap tahun kami berbagi hewan qurban. Kami salurkan ke seluruh peloksok Indonesia. Alhamdulilah, tiap tahun jumlah hewan yang kami bagikan terus bertambah,” kata Koordinator Pelaksana Idul Adha Artha Graha Peduli Anas Latif.

Untuk tahun 2015, lanjut Anas, jumlah hewan kurban yang jauh lebih banyak itu membuat jangkauan penyalurannya tiga kali lipat lebih luas dibanding tahun sebelumnya.

Itu berarti semakin banyak kaum dhuafa dan warga miskin yang menerima daging kurban dari Artha Graha Peduli.

“Tim kami kadang harus mendatangi daerah terpencil dan sulit dijamah transportasi agar hewan kurban dapat sampai kepada masyarakat yang berhak,” kata Anas Latif.

Sejumlah truk dan kendaraan pick-up tampak dipenuhi oleh kambing dan sapi. Hewan kurban itu diharapkan sampai ke titik-titik penyaluran sebelum Idul Adha yang jatuh pada hari Kamis, 24 September 2015.
Ratusan hewan kurban hari itu disalurkan ke wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Lampung, beberapa wilayah di Pulau Sumatera, Bangka, Kalimantan, NTB, NTT, Sulawesi, dan Ambon.

Untuk wilayah Jakarta, penyaluran hewan kurban dipusatkan di Kawasan Sudirman Central Business District (SCBD).

Kerjasama dengan Pesantren Dalam pelaksanaan kegiatan qurban, Artha Graha Peduli bekerjasama dengan banyak pihak, diantaranya pondok pesantren di seantero Indonesia. AGP, misalnya, bekerja sama dengan Pondok Pesantren Qomarul Huda Bagu di Lombok Tengah, NTB, yang dipimpin Tgh Lalu Turmudzi Badarudin, dan Pondok Pesantren Buntet di Cirebon dengan ulamanya KH Anas Arsyad. AGP juga bekerjasama dengan pesantren di Ambon Maluku yang dipimpin oleh KH Wahab Polpoke.

Kerjasama dengan berbagai pesantren, masjid dan juga organisasi Islam semakin membuat kegiatan qurban Idul Adha Artha Graha Peduli lebih menjangkau masyarakat pra-sejahtera.

“Kami tidak sekadar bagi-bagi daging, tapi juga bersilahturahmi dan berdialog agar Artha Graha Peduli dapat bekerjasama dengan mereka di kemudian hari untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” ungkap Anas Latif.

Hal tersebut, katanya, sejalan dengan komitmen Artha Graha Peduli untuk senantiasa mengupayakan kepedulian di lingkungan sosial khususnya kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu, minimal yang tinggal dalam radius 1 kilometer dari unit-unit usaha Artha Graha Network.

Artha Graha Peduli bertekad untuk memberdayakan sedikitnya 3 juta kepala keluarga pra sejahtera menjadi sejahtera.

Apresiasi pimpinan pesantren KH Wahab Polpoke, pimpinan pondok pesantren di Ambon, mengapresiasi Artha Graha Peduli. Hewan kurban yang disumbangkan AGP setiap tahun, katanya, sangat bermanfaat bagi kaum dhuafa yang ada di sekitar pesantren.

KH Anas Arsyad, pengasuh Pondok Pesantren Buntet di Cirebon, mengatakan setiap tahun pesantrennya selalu menerima hewan kurban dari AGP.

“Bukan hanya para santri, masyarakat kurang mampu di sekitar pesantren juga dapat merasakan daging kurban,” ujarnya.

Lalu Turmudzi Badarudin, pengasuh Pondok Pesantren Qomarul Huda, Lombok Tengah, juga menyatakan terimakasih. Ia mengatakan belum banyak pihak swasta yang melaksanakan qurban secara rutin dengan skala luas menjangkau banyak wilayah di Indonesia seperti yang dilakukan AGP.

“Hanya Artha Graha Peduli yang sampai sekarang masih memberikan hewan qurban kepada pesantren kami,” kata Lalu Turmudzi.

Ia berharap semakin banyak pihak swasta yang mengikuti langkah Artha Graha Peduli yang dari tahun ke tahun mendistribusikan hewan kurban ke seluruh peloksok negeri

 

Sumber: http://arthagrahapeduli.org/artha-graha-peduli-bagikan-hewan-qurban-ke-seluruh-indonesia/

 

Tags: