Tumpeng raksasa buatan koki Indonesia pecahkan rekor dunia


tumpeng19 Agustus 2015 10:09

Tumpeng setinggi 2,28 meter yang dipajang di paviliun Indonesia di Expo Milano 2015 memecahkan rekor dunia sebagai tumpeng tertinggi dunia.

Brilio.net – Tumpeng setinggi 2,28 meter yang dipajang di paviliun Indonesia di Expo Milano 2015 memecahkan rekor dunia sebagai tumpeng tertinggi dunia.

“Untuk memecahkan rekor dunia, tumpeng harus lebih tinggi dari 1,5 meter. Pengukuran terakhir adalah 2,28 meter. Jadi, ini adalah rekor baru Guinness World Record,” kata juri Guinness, Lorenzo Veltri sebelum menyerahkan sertifikat kepada Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak dan sekaligus Komisioner Umum Indonesia untuk Expo, Nus Nuzulia Ishak.

Di saat bersamaan, Wakil Direktur MURI Osmar Semesta Susilo juga menyerahkan sertifikat yang mengakui tumpeng raksasa di Milan sebagai tumpeng tertinggi yang pernah dibuat di luar Indonesia kepada Nus.

Chef I Made Sandy, yang bekerja dengan beberapa koki dan pembantu dapur, mengaku senang dengan hasil tersebut. Sebagai tim awalnya merencanakan untuk membuat tumpeng hanya dengan ketinggian 2,08 meter. Sandy mengatakan tumpeng tersebut memiliki berat lebih dari 1.200 kilogram.

“Kita perlu 350 kilogram beras ketan dan 250 kilogram beras hanya untuk mempersiapkan nasi kuning untuk tumpeng,” kata Sandy, koki kepala di Hotel Borobudur di Jakarta kepada para wartawan.

Tumpeng “raksasa” sendiri terdiri dari delapan lapisan nasi kuning dan dikelilingi 17 lauk pauk dan 45 tumpeng kecil, semua melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945.

Di antara hidangan atau lauk pauk yang disediakan sebagai pendamping tumpeng di antaranya, ayam goreng, sambal goreng ati, urap sayur, dan pepes ikan.

Milano Expo tahun ini sendiri diadakan di Milan mulai 1 Mei-31 Oktober, dengan peserta 70 paviliun, termasuk paviliun Indonesia, berpartisipasi.

 

Sumber:http://www.brilio.net/news/tumpeng-raksasa-buatan-koki-indonesia-pecahkan-rekor-dunia-1508196.html