AGP Gelar Aksi Bersih Jelang Hari Peduli Sampah Nasional


Karyawan melakukan aksi membersihkan sampah di halaman Mal Artha Gading, Jakarta, Sabtu (20/2/2016). Artha Graha Peduli mengajak semua pihak untuk perang melawan sampah khususnya sampah non organik guna mencegah terjadinya bencana akibat sampah seperti insiden longsornya tumpukan sampah yang menewaskan 157 jiwa di Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah, Jawa Barat, 21 Februari 2005 silam.
“Artha Graha Peduli (AGP), Artha Graha Network, Bank Artha Graha, dan SGA mengerahkan karyawan dan relawannya di Jakarta dan bahkan di seluruh Indonesia secara serentak untuk melakukan aksi bersih-bersih sampah di selokan, sungai, pinggir jalan tol, dan tempat-tempat umum lain dalam radius 500 meter dari unit usaha AG,” tutur Senior Artha Graha Peduli Heka Hertanto di Jakarta, Sabtu (20/2).
Ajakan tersebut disampaikannya jelang peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang pendeklarasiannya dipicu tragedi longsor sampah di Leuwigajah tersebut. Sebanyak dua kampung terhapus dari peta karena tergulung longsoran sampah.
Hari Peduli Sampah Nasional akan diperingati pada Minggu (21/2). Presiden Jokowi, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama direncanakan menghadiri peringatan bersama 400 komunitas dalam ajang Car Free Day di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta. AGP turut mengerahkan lebih dari 500 karyawan yang bergabung dengan Komunitas Konsorsium Jakarta dalam aksi bersih Clean Up Jakarta. Mereka membawa kantong sampah non plastik, sarung tangan pribadi, dan gerobak sendiri memunguti sampah di kawasan sekitar Jalan Jend Sudirman dan MH Thamrin serta kawasan lain seperti sungai dan selokan di sejumlah daerah Indonesia.

Sumber : http://photo.sindonews.com/view/16648/agp-gelar-aksi-bersih-jelang-hari-peduli-sampah-nasional